Bank Mandiri memperkenalkan layanan baru yang bernama Digitalisasi ACA. Layanan ini memungkinkan nasabah untuk membuka rekening online secara cepat dan mudah tanpa harus datang ke kantor cabang. Selain itu, nasabah juga dapat melakukan transaksi perbankan seperti transfer dan pembayaran melalui aplikasi Mandiri Online. Dengan langkah ini, Bank Mandiri berupaya memenuhi kebutuhan nasabah yang semakin digital dan mempermudah akses perbankan.
IndoPulsa.Co.id – Langkah Bank Mandiri Digitalisasi ACA
Blog Indo Pulsa – PT Bank Mandiri terus mendorong sinergi dengan beberapa bank ekonomi rakyat (BPR) dan BPR syariah untuk meningkatkan digitalisasi layanan perbankan di tanah air guna memperluas akses masyarakat terhadap layanan keuangan.
Sinergi yang dilakukan antara lain kerjasama bank induk dimana Bank Mandiri menghubungkan ACA dengan jaringan GPN dan kerjasama Bank Non Induk dimana ACA dapat mengakses Mandiri Virtual Account, API Retail, Co-branding & Topup Emoney, dan QRIS.
Selain itu juga terdapat kerjasama antara ACA dan MAD (Mandiri Auto Debit) serta penyediaan solusi retail dan wholesale untuk bank lain, antara lain melalui Livin’ by Mandiri dan Kopra by Mandiri.
SEVP Micro & Consumer Finance Bank Mandiri, Josephus K. Triprakoso mengatakan, Bank Mandiri sebagai bank induk dari 13 ACA/BPRS terus mendukung transformasi digital ACA/BPRS. Kerjasama bank induk tersebut bertujuan untuk menciptakan keuntungan dan memudahkan nasabah dalam bertransaksi.
Hal ini juga sejalan dengan PBI No. 19/B/PB/2017 tentang Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) Pasal 5 ayat 4 dan untuk mendukung kebijakan regulator dalam digitalisasi BPR/BPRS, Bank Mandiri akan bertindak sebagai bank induk bagi BPR/BPRS.
“Melalui kerjasama Bank Induk, nasabah ACA/BPRS dapat melakukan transaksi Tarik Tunai, Cek Saldo, Transfer melalui ATM atau Mobile Banking dengan tujuan Bank Umum maupun sebaliknya,” kata Josephus dalam seminar ‘Sinergi Bank Umum dan ACA di Digitalisasi. Banking Services’ yang diselenggarakan oleh The Finance, Jumat 23 Juni 2023.
Selanjutnya roadmap kerjasama bank utama setelah kartu ATM dan Mobile Banking adalah kartu Debit dan Penerbit QRIS (Subject to Regulatory Approval). Kerja sama ini khusus untuk BPR/BPRS yang sudah memiliki kartu ATM/mesin ATM/izin Mobile Banking.
Josephus juga mengungkapkan keunggulan kerjasama BPR/BPRS dengan bank-bank besar, khususnya Bank Mandiri, adalah dengan layanan bank-bank besar, BPR/BPRS dapat terkoneksi dengan bank-bank dalam jaringan GPN, serta mengurangi proses manual sehingga pelayanan lebih efektif. dan efisien. .
Selain itu, meningkatkan potensi pendapatan dari transaksi fee based income, memberikan kemudahan akses nasabah ACA/BPRS untuk melakukan transaksi elektronik sebagai bagian dari peningkatan layanan, meningkatkan daya saing & brand image ACA/BPRS di era digital banking, serta sebagai peningkatan dana pihak ketiga ( DPK).
Bank Mandiri telah mengambil langkah digitalisasi dengan memperkenalkan layanan ACA (Auto Credit Approval) yang memudahkan proses kredit bagi nasabah. Dengan teknologi AI dan big data, proses persetujuan kredit dapat dilakukan secara otomatis dalam waktu singkat. Dapatkan informasi lebih lanjut di Indopulsa.co.id.