“Perlindungan Tokopedia untuk Pelanggan yang Menerima iPhone Palsu”

Menerima iPhone palsu bisa menjadi masalah besar. Namun, pelanggan Tokopedia tidak perlu khawatir karena Tokopedia memberikan perlindungan terhadap produk palsu. Jika ditemukan produk palsu, pelanggan dapat mengajukan klaim dan mendapatkan pengembalian dana. Selalu pastikan untuk memeriksa keaslian produk sebelum membeli dan berbelanja hanya di toko terpercaya di Tokopedia.

IndoPulsa.Co.id – Menerima iPhone palsu, perlindungan Tokopedia terhadap pelanggan yang bersangkutan

Blog Indo Pulsa – Seorang pelanggan pasar bernama Widowati, asal Simeulue, Aceh, mengaku membeli ponsel iPhone 11 Pro palsu.

Ia pun kecewa dengan pasar karena tidak ada fitur perlindungan konsumen sehingga unit iPhone 11 Pro Max tidak bisa ditukar.

Saya telah menjadi pelanggan Tokopedia selama lebih dari 10 tahun, dan saya telah menjadi pelanggan platinum Tokopedia selama beberapa tahun. Namun baru-baru ini saya kecewa dengan kurangnya perlindungan bagi pelanggan setia Tokopedia. Dalam 10 tahun, ini adalah kasus penipuan pertama saya di Tokopedia.

Pada 12 Mei 2023, saya membeli iPhone 11 Pro Max di Tokopedia. Saya tertarik dengan handphone tersebut, karena iklan yang ditampilkan sangat teliti, dengan gamblang menjelaskan beberapa kekurangan dari handphone tersebut. Ini yang meyakinkan saya, alasan kenapa iPhone bisa di bawah harga pasaran.

Pada tanggal 17 Mei 2023, saya menerima paket tersebut. Saya buka kotak kemasannya, tampilannya pas dengan iPhone Pro Max 11 dan mulus, mesin menyala dengan baik. Saya hentikan video unboxing saya, karena saya pikir itu baik-baik saja dan untuk memeriksa semuanya butuh waktu berjam-jam, saya tidak dapat menyimpan videonya, karena memori saya penuh.

Saya segera memindahkan beberapa aplikasi saya. IPhone terasa panas (saya mulai curiga). Saya memasukkan email saya ke iPhone, muncul notifikasi verifikasi Google, bahwa perangkat yang dimasukkan adalah Android 8.

Saya curiga, tetapi saya berasumsi bahwa terkadang Google mendeteksi perangkat dan wilayah yang salah. Setelah saya menghapus beberapa aplikasi, kecepatan seluler mulai melambat. Barusan saya cek speknya, ternyata speknya beda banget dan tinggi banget (pro max 14, memory 512, update ios 16.4).

Saya periksa iPhone Apple Store saya berisi 15 aplikasi, facetime tidak berfungsi (hanya logonya, tetapi tidak berfungsi). Kemudian saya yakin bahwa ihPone saya palsu.

Saya komplain ke Tokopedia, seller bisa tunjukin video packingnya, dan saya tanya expedisinya, ternyata tidak ada proses repacking. Saya yakin tidak ada proses repacking, karena seller bilang ada corak kuning di bubble wrapnya berarti tidak ada proses repacking.

Terakhir, sudah hampir 2 minggu sejak pernyataan dari Tokopedia Care menyatakan masih dalam penyelidikan pihak kurir.

Saya minta di sini agar Tokopedia:

  1. Lihat track record penjual dan pembeli selain bukti packing. Karena untuk mengecek iPhone second, pembeli membutuhkan waktu, agar pembeli tidak melakukan tudingan. Ada kemungkinan penjual membuat 2 kemasan yang identik, dan yang dikirimkan ke pembeli adalah palsu. Karena video terputus dari proses pengemasan hingga proses pengiriman JNE, ada celah bagi penjual untuk memberikan iPhone palsu.
  2. Tim mediasi juga harus melindungi pelanggan setia dengan mempertimbangkan rekam jejak yang mendalam. Karena rekam jejaknya sudah dievaluasi bertahun-tahun, sementara video kemasannya dibuat kurang dari satu jam, dan tidak sulit bagi penjual untuk membuat dua kemasan identik dengan isi berbeda.

Saya akui saya ceroboh, karena saya tidak mencatat semua cek di ponsel saya (karena memori saya penuh dan pasti sangat lama). Orang yang curang pasti pandai mencari ketidaksengajaan bahwa dirinya sedang ditipu.

Saya meminta Tokopedia untuk menyertakan elemen rekam jejak dalam pelacakan masalah. Agar kecerobohan pelanggan setia tidak dijadikan senjata bagi yang curang. Semoga Tokopedia selalu berpegang teguh pada komitmennya untuk menjadi toko online terpercaya.

Janda
Simeulue, Aceh

Dalam menerima iPhone palsu, pelanggan harus bijak dalam bertransaksi. Tokopedia memberikan perlindungan terhadap pelanggan yang terkena kasus tersebut. Jangan ragu untuk berbelanja di Tokopedia yang dapat dipercaya. Kunjungi https://www.indopulsa.co.id untuk informasi lebih lanjut.

indopulsa logo

Aplikasi jual pulsa & kuota paling murah, voucher game, emoney / uang elektronik, token listrik, voucher internet, tv dan bayar tagihan online paling lengkap di Indonesia dengan sistem satu saldo deposit untuk semua layanan.

Contact

PT. KIOS PULSA INDONESIA

Nguntoronadi RT25 RW01, Kec. Nguntoronadi Kab. Magetan, Jawa Timur 63383