...

Perluas Pangsa Segmen Konsumer, BRI Finance Tingkatkan Pendapatan

BRI Finance, perusahaan pembiayaan terkemuka di Indonesia, telah memperluas pangsa pasar konsumen untuk meningkatkan pendapatan. Dengan mengembangkan produk dan layanan yang sesuai dengan kebutuhan konsumen, BRI Finance berharap dapat memenuhi kebutuhan finansial masyarakat yang semakin meningkat. Dengan strategi ini, BRI Finance berharap dapat terus tumbuh dan memberikan manfaat yang lebih besar bagi masyarakat.

IndoPulsa.Co.id – Tingkatkan Pendapatan, BRI Finance Perluas Pangsa Segmen Konsumer

Blog Indo Pulsa – PT BRI Multifinance Indonesia (BRI Finance) sejauh ini mencatatkan komposisi pembiayaan mobil baru sebesar 76% dari portofolio segmen konsumer. Sedangkan mobil bekas mencapai sekitar 16%, dan sisanya berbagai kegunaan dan refinancing.

Direktur Bisnis BRI Finance Primamartono Gunawan mengatakan perseroan akan menata ulang dan memperluas pangsa segmen pembiayaan konsumer untuk mendorong kinerja pertumbuhan yang berkelanjutan. Langkah-langkah strategis tersebut diambil oleh manajemen perusahaan untuk mengoptimalkan pendapatan, keuntungan dan distribusi risiko.

Ia juga merinci, ke depan komposisi pembiayaan mobil baru untuk segmen konsumer maksimal sebesar 45%. Sedangkan pembiayaan mobil bekas sekitar 22%, multiguna 12%, dan refinancing 10%.

“Dalam tiga tahun terakhir, perseroan telah melakukan lompatan strategis besar untuk mendorong pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan dengan mengalihkan sebagian besar pembiayaannya ke segmen konsumer,” kata Primamartono dalam keterangan resmi, Jumat, 19 Mei 2023.

Menurutnya, hasil transformasi ini sudah bisa dipanen sejak tahun lalu. Dimana kontribusi pembiayaan konsumen mencapai 74%. Sebelum transformasi, seluruh pembiayaan BRI Finance disalurkan pada segmen komersial. Untuk tahun 2023, BRI Finance menargetkan segmen konsumer dapat berkontribusi hingga 82%.

“Kalau mayoritas pembiayaan ke konsumen, seperti BRI (induk), maka BRI Finance akan bermain di segmen mikro. Pelanggannya banyak, dan sumber pendapatan tersebar. Jadi hasil transformasi mulai bisa dipetik beberapa tahun lalu,” ujar Prima.

Pencapaian ini di atas ekspektasi manajemen perseroan yang semula memiliki aspirasi pembiayaan konsumen minimal 60% dan segmen komersial 40%. Tak berhenti di situ, Prima pun menjelaskan, bila cukup handal di segmen konsumen, pihaknya berkomitmen melakukan lompatan dengan strategi baru.

BRI Finance juga melakukan restrukturisasi portofolio segmen konsumer yang sebelumnya didominasi oleh pembiayaan mobil baru menjadi seimbang dengan pembiayaan mobil bekas, pembiayaan multiguna dan refinancing.

“Jadi setelah transformasi dari komersial ke konsumen sudah dilakukan. Selanjutnya, kami merestrukturisasi aset kami untuk mengoptimalkan hasil, profitabilitas, dan distribusi risiko,” tegasnya.

Di sisi lain, kata Prima, pasar pembiayaan mobil bekas, refinancing dan multiguna memiliki margin keuntungan yang lebih tinggi dibandingkan mobil baru. Padahal, potensi pasar pembiayaan mobil bekas di Indonesia sangat besar. Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) sebagai asosiasi industri mobil menyatakan penjualan kendaraan roda empat baru sekitar 1 juta unit setiap tahunnya.

Sedangkan penjualan mobil bekas, menurut Prima, bisa mencapai 5 kali lipat dari penjualan mobil baru setiap tahunnya. Oleh karena itu, pembiayaan mobil bekas akan semakin ditanggapi serius oleh perusahaan.

“Saat ini kami sedang memperkuat infrastruktur. Kami perlu merekrut pemasar untuk pembiayaan mobil bekas. Untuk saat ini ada tapi jumlahnya masih kurang,” ujarnya.

Untuk segmen refinancing, BRI Finance sedang melakukan evaluasi dengan salah satu perusahaan di bawah BRI Group yang melakukan outsourcing dimana karyawannya dijadikan distributor refinancing BRI Finance.

“Jadi kami akan menggunakan BRI Group sebagai enabler untuk distributor refinancing kami,” pungkasnya.

BRI Finance terus meningkatkan layanan keuangan untuk konsumen dengan memperluas pangsa pasar. Dengan menawarkan berbagai produk dan layanan yang inovatif, BRI Finance berharap dapat membantu meningkatkan pendapatan konsumen. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi https://www.indopulsa.co.id.

indopulsa logo

Aplikasi jual pulsa & kuota paling murah, voucher game, emoney / uang elektronik, token listrik, voucher internet, tv dan bayar tagihan online paling lengkap di Indonesia dengan sistem satu saldo deposit untuk semua layanan.

Contact

PT. KIOS PULSA INDONESIA

Nguntoronadi RT25 RW01, Kec. Nguntoronadi Kab. Magetan, Jawa Timur 63383