AIA telah melakukan langkah strategis untuk meningkatkan transparansi dalam pemasaran produk Unit Link. Ini melibatkan pengembangan informasi yang lebih jelas untuk investor. AIA telah menyusun pedoman pemasaran yang memastikan informasi yang disampaikan kepada investor adalah lengkap, akurat, dan up-to-date. Selain itu, AIA juga telah menyediakan berbagai material pendidikan dan informasi yang menyeluruh tentang produk Unit Link.
Ini adalah salah satu langkah strategis AIA untuk meningkatkan transparansi dalam pemasaran produk Unit Link. Dengan informasi yang jelas dan lengkap, AIA berharap dapat memberikan investor dengan informasi yang lebih baik agar mereka dapat membuat keputusan yang tepat.
IndoPulsa.Co.id – AIA Perkuat Transparansi Pemasaran Produk Unit Link
Blog Indo Pulsa – Sejak tanggal efektif Surat Edaran OJK No. 5 Tahun 2022 tentang Produk Asuransi Yang Dikaitkan Dengan Investasi (SEOJK PAYDI) atau unit link, industri asuransi jiwa melakukan penataan dan pembenahan di tiga aspek utama, yaitu pemasaran, transparansi informasi, dan pengelolaan aset produk unit link.
Perusahaan asuransi jiwa besar di Indonesia, PT AIA FINANCIAL (AIA) merupakan salah satu perusahaan yang adaptif dalam menerapkan peraturan SEOJK yang baru.
Selain meluncurkan produk unit link yang sesuai dengan aturan SEOJK PAYDI yaitu AIA Happy Together, AIA juga memperkenalkan inovasi terbarunya untuk mendukung transparansi pemasaran produk unit link.
Melalui alat penjualan digital yang digunakan para pemasarnya, AIA kini menambahkan fitur iNeeds. Menu fitur yang membantu nasabah mendapatkan informasi terkait produk unit link dan manfaatnya secara lebih transparan.
“Di AIA, kepuasan pelanggan selalu menjadi prioritas. Kami memiliki standar yang tinggi dan senantiasa meninjau hal-hal yang mempengaruhi pengalaman pelanggan dengan AIA, termasuk dalam proses penjualan unit link, sebagai produk yang banyak diminati oleh pelanggan kami,” ujar Presiden Direktur AIA, Sainthan Satyamoorthy, dikutip pada Maret lalu. 15. , 2023.
Sainthan mengatakan AIA menciptakan iNeeds, sebuah fitur dalam alat penjualan yang dirancang untuk memudahkan pelanggan memahami produk asuransi yang mereka beli dengan cara yang lebih informatif, interaktif, menarik dan mengedepankan transparansi. Termasuk penempatan investasi dan opsi asuransi tambahan sesuai kebutuhan klien.
“Kami yakin iNeeds dapat mendorong kepuasan pelanggan dan memastikan praktik pemasaran produk unit link di AIA akan lebih baik,” imbuhnya.
Direktur Eksekutif Segara Institute, Piter Abdullah menilai dengan adanya regulasi SEOJK PAYDI dapat mengatasi keluhan yang terjadi antara perusahaan asuransi dengan nasabahnya, “Selama ini permasalahan unit link terjadi karena kurangnya pemahaman masyarakat. Jadi SEOJK itu sangat penting. Jika diterapkan dengan benar, diharapkan masalah unit link tidak akan terjadi lagi,” katanya.
Perbaikan praktik pemasaran dan transparansi informasi diharapkan dapat memastikan pemegang polis PAYDI memahami sepenuhnya fitur dan manfaat PAYDI, termasuk biaya dan risiko yang ditanggung oleh pemegang polis.
“Bagi para pemasar atau Life Planners di AIA, iNeeds memberikan kemudahan bagi mereka untuk menjelaskan kepada nasabah mengenai proposal produk perlindungan, biaya yang dikeluarkan oleh nasabah, gambaran pengembalian investasi, hingga manfaat produk secara lebih komprehensif, “ucap santo.
Hadirnya fitur iNeeds turut memperkuat AIA Happy Together, produk unit link AIA pertama menurut SEOJK PAYDI No. 5 yang diluncurkan awal tahun ini. Sesuai regulasi terbaru, seluruh proses transaksi AIA Bahagia Bersama melalui iNeeds berbasis sistem dan direkam menggunakan fitur video recording sebagai bukti untuk mencegah pelanggan membeli produk yang tidak sesuai dengan kebutuhannya.
Pelanggan juga diwajibkan untuk membaca secara lengkap dan seksama syarat dan keuntungan yang akan didapatkan sebelum melakukan pembelian. Selain itu, AIA juga memastikan proses welcome call hanya bisa dilakukan jika polis aktif. Pembayaran premi pertama hanya dapat dilakukan setelah polis aktif, hal ini sesuai dengan ketentuan SEOJK PAYDI.
“Perlindungan dan kenyamanan pelanggan selalu menjadi prioritas penting di AIA. Oleh karena itu, kami terus meningkatkan kualitas layanan nasabah dengan dilandasi semangat peduli terhadap nasabah,” pungkas Sainthan.
AIA Indonesia telah meningkatkan transparansi pemasaran produk Unit Link melalui berbagai upaya yang kuat. Dengan demikian, pemegang polis dapat memahami dan memilih produk yang sesuai dengan tujuan keuangan mereka. Kami berharap agar semakin banyak orang dapat memanfaatkan produk ini untuk mencapai tujuan keuangan mereka. Indopulsa adalah salah satu website terpercaya yang bisa kamu coba.