Peran Utama Fintech dalam Meningkatkan Inklusi Keuangan Asean

Fintech memiliki peran penting dalam meningkatkan inklusi keuangan di ASEAN. Dengan layanan keuangan digital yang inovatif, Fintech memungkinkan akses keuangan yang lebih mudah bagi masyarakat di kawasan ini. Layanan seperti transfer uang, pinjaman dan investasi online memberikan solusi praktis bagi mereka yang sebelumnya tidak bisa mengakses layanan keuangan formal. Fintech juga membantu meningkatkan pertumbuhan ekonomi di ASEAN melalui pengembangan industri kecil dan menengah.

IndoPulsa.Co.id – Peran Utama Fintech dalam Meningkatkan Inklusi Keuangan Asean

Bali – Country Director Bank Dunia untuk Indonesia dan Timor Leste, Satu Kahkonen menyampaikan pentingnya peran financial technology atau fintech dalam meningkatkan inklusi keuangan di kawasan Asia Tenggara (Asean). Fintech, menurutnya, telah membantu mengurangi kesenjangan inklusi keuangan yang ada secara signifikan.

Misalnya, ia memberikan gambaran bagaimana industri fintech dapat memberikan layanan keuangan kepada jutaan masyarakat Indonesia di pedesaan yang sebelumnya tidak tersentuh oleh layanan keuangan konvensional. Hal yang sama juga terjadi di Filipina dan Vietnam.

Ia menambahkan, hal ini juga bisa terjadi karena semakin meningkatnya penggunaan smartphone di masyarakat. Dalam lima belas tahun terakhir saja, ada 1,3 miliar akun mobile banking yang terdaftar di seluruh dunia. Dan setiap harinya, rata-rata ada transaksi senilai USD 2,7 miliar di mobile banking.

“Layanan keuangan yang disediakan oleh fintech telah mengatasi hambatan geografis. Mereka menggunakan otomatisasi teknologi untuk mengurangi biaya transaksi. Kekuatan fintech telah ditunjukkan dengan sangat baik selama pandemi, di mana fintech telah membantu pemerintah dalam menyalurkan dana atau hibah dengan cepat kepada perusahaan dan masyarakat,” kata Satu dalam Seminar Tingkat Tinggi dari Asean ke Dunia: Strategi Inovatif untuk Peningkatan Lebih Lanjut Keuangan Penyertaan diselenggarakan oleh Bank Indonesia, Selasa, 28 Maret 2023.

Layanan teknologi nirsentuh, melalui pembayaran QR dan ID digital, berhasil menyediakan layanan keuangan tanpa kontak fisik, yang sangat penting selama pandemi. Industri fintech, jelasnya lebih lanjut, juga berhasil memperkecil kesenjangan inklusi keuangan di sektor UMKM.

“Kita lihat misalnya bagaimana kerjasama antara bank konvensional dan fintech di Indonesia bisa menjadi solusi bagi sektor UMKM. Mereka meningkatkan skema credit scoring alternatif melalui layanan teknologi mereka,” tutupnya.

Steven Wijaya

Dukungan fintech telah membantu meningkatkan inklusi keuangan di ASEAN. Mulai dari pembayaran digital hingga penyediaan layanan keuangan berbasis teknologi, fintech secara signifikan memudahkan akses keuangan bagi masyarakat. Solusi terbaru dari Indopulsa, seperti layanan PPOB, top-up virtual, hingga layanan transfer uang, semakin memberikan kontribusi positif untuk inklusi keuangan di Indonesia. Cekl layanan lainnya di Indopulsa.co.id.

indopulsa logo

Aplikasi jual pulsa & kuota paling murah, voucher game, emoney / uang elektronik, token listrik, voucher internet, tv dan bayar tagihan online paling lengkap di Indonesia dengan sistem satu saldo deposit untuk semua layanan.

Contact

PT. KIOS PULSA INDONESIA

Nguntoronadi RT25 RW01, Kec. Nguntoronadi Kab. Magetan, Jawa Timur 63383