Superbank mengembangkan strategi untuk menjangkau masyarakat underbanked melalui pemanfaatan teknologi digital dan kerjasama dengan mitra usaha. Dengan layanan perbankan yang mudah dijangkau dan terjangkau, Superbank berkomitmen untuk memperkuat inklusi keuangan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
IndoPulsa.Co.id – Strategi Superbank Menjangkau Masyarakat Underbanked
Blog Indo Pulsa – Jumlah penduduk Indonesia yang unbanked dan unbanked bisa dikatakan masih sangat besar. Banyak nasabah underbanked yang sudah mengetahui konsep perbankan, namun masih belum sepenuhnya memahami cara kerjanya atau tidak dapat mengakses perbankan secara keseluruhan.
Menurut Sukiwan, Chief Business Officer Superbank, pada tahun 2021 sebanyak 81% dari total penduduk Indonesia masih belum memiliki rekening atau belum menggunakan layanan bank.
“Penetrasi jasa keuangan di tahun yang sama masih relatif rendah, dengan Indonesia mencatatkan tingkat penetrasi asuransi sebesar 2% dan penetrasi biro kredit di kisaran 20-25%,” kata Sukiwan seperti dikutip Jumat, 14 April 2023.
Sementara itu, kata Sukiwan, pasar perbankan Indonesia memiliki keuntungan yang cukup besar untuk meraup potensi keuntungan.
“Potensi keuntungan bisa mencapai US$ 16 miliar. Keuntungan ini bisa meningkat jika masyarakat kelas bawah dan terbelakang bisa diberdayakan kembali,” ujar Sukiwan.
Menurut Sukiwan, ada beberapa tantangan besar yang dihadapi oleh unbanked. Di antaranya, kesulitan mengatur keuangan, kesulitan memperoleh pinjaman karena beberapa keterbatasan, seperti pendapatan yang tidak pasti, dan kesan bank yang tidak ramah.
“Beberapa faktor tersebut menyebabkan rendahnya minat masyarakat terhadap perbankan,” kata Sukiwan.
Selain itu, lanjut dia, kompleksitas cara kerja bank yang dirasakan juga membuat masyarakat awam kehilangan minat terhadap keseluruhan fitur dan aksesibilitas yang ditawarkan bank.
“Kami ingin mengatasi tantangan itu sebagai pendatang baru di sektor perbankan digital Indonesia,” katanya.
Di sisi lain, dia menilai, tingkat literasi keuangan di kota-kota besar sudah cukup baik, namun masih ada kekurangan di kota-kota tier 2 dan 3.
“Untuk meningkatkan literasi keuangan, kami akan memperluas akses kredit bagi UKM dan mempercepat kolaborasi melalui ekosistem grup kami yang luas,” kata Sukiwan.
Grup EMTEK, adalah pemegang saham Superbank. Mereka memiliki ekosistem yang tepat untuk mendukung pertumbuhan bisnis Superbank. Ekosistem tersebut terdiri dari perusahaan media, e-commerce, hingga Grab.
“Ekosistem grup memiliki data komprehensif yang dapat digunakan bank untuk menjangkau pasar,” kata Andy Daniswara, SVP Business Development EMTEK Group.
Sebagai informasi, PT Super Bank Indonesia atau Superbank merupakan bank digital yang berdiri pada Februari 2023. Bank ini merupakan bagian dari transformasi PT Bank Farma Internasional.
Dengan strategi Superbank, masyarakat underbanked semakin mudah mengakses layanan perbankan. Indopulsa.co.id sebagai reseller pembayaran terbesar di Indonesia, turut serta dalam menjangkau masyarakat underbanked. Dapatkan informasi lengkap di https://www.indopulsa.co.id.