Tiga Strategi BRI Perkuat Transformasi Digital

Bank Rakyat Indonesia (BRI) terus memperkuat transformasi digital dengan tiga strategi utama. Pertama, fokus pada pengembangan teknologi guna memberikan layanan yang lebih baik. Kedua, mengoptimalkan proses operasional agar lebih efisien. Terakhir, mengembangkan platform digital yang aman dan mudah digunakan oleh para nasabah. BRI percaya, dengan transformasi digital yang baik, bank akan semakin dapat memberikan pelayanan yang lebih cepat dan memudahkan para nasabah mereka.

IndoPulsa.Co.id – Tiga Strategi BRI Perkuat Transformasi Digital

Blog Indo Pulsa – Perubahan pola transaksi nasabah telah mempercepat transformasi digital industri keuangan dan perbankan Indonesia. Fenomena ini diprediksi akan semakin kuat di masa depan seiring dengan semakin berkembangnya teknologi.

Hal ini menyebabkan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI menyiapkan strategi digitalisasi dengan tiga fokus utama untuk tiga hingga empat tahun ke depan.

Direktur Digital dan Teknologi Informasi BRI Arga M. Nugraha mengatakan, tahun ini perseroan melanjutkan proses transformasi digital untuk fokus pada tiga hingga empat tahun ke depan dengan tiga inisiatif utama. Seperti diketahui, transformasi digital telah dilakukan BRI setidaknya sejak tahun 2015.

“Kami akan fokus pada tiga pendekatan. Pertama, fokus membangun ketangguhan di sistem kita,” kata Arga dalam keterangan resmi, Senin, 20 Maret 2023.

Arga menambahkan, pihaknya akan memperkuat data center, memperkuat stabilitas dan skalabilitas infrastruktur cloud computing, serta meningkatkan skalabilitas, kecepatan, dan ketahanan pengalaman pelanggan dalam mengakses aplikasi.

Baca juga: Cara CIMB Niaga Optimalkan Transaksi Digital

Lebih dari itu, Perseroan juga akan mengoptimalkan pengelolaan portofolio aplikasinya. Selain itu, BRI juga terus melakukan inovasi agar aplikasi dapat diterapkan khususnya untuk nasabah di luar kota.

Fokus kedua adalah open banking dengan menyederhanakan, menyederhanakan desain dan pengembangan layanan. Kemudian, menjelaskan kepada nasabah dan mitra perusahaan melalui aplikasi BRIAPI.

“Sehingga produk layanan kami dapat dinikmati oleh mitra dan pelanggan kami secara lebih luas,” ujarnya.

Strategi ketiga adalah mendorong dan menanamkan program BRIBrain yang lebih analitis terkait data dari produk yang diakses nasabah. BRIBrain adalah salah satu ‘pusat otak’ BRI berbasis kecerdasan buatan atau AI. Manajemen perusahaan memiliki BRIBrain Academy sebagai program komprehensif untuk mengembangkan inisiatif dan memelihara bakat AI.

Hal ini bertujuan untuk meningkatkan customer engagement, analisis anti-fraud dan risiko, penjaminan kredit, hingga layanan dan operasional yang cerdas. Inisiatif strategis yang diambil tidak lepas dari transformasi digital BRI yang terus menunjukkan keberhasilan.

Bukti nyata ketika BRI melewati masa-masa sulit akibat krisis akibat pandemi di tahun 2020. Saat itu, kinerja keuangan BRI membukukan laba bersih hingga Rp18,66 triliun. Kemudian meningkat pada tahun 2022 menjadi Rp 31 triliun. Puncaknya pada tahun 2022, BRI akan mencatatkan pencapaian sebagai bank dengan laba terbesar sepanjang sejarah, mencapai Rp 51,4 triliun.

Sebagai salah satu lembaga keuangan ternama di Indonesia, Bank Rakyat Indonesia (BRI) terus berinovasi untuk memperkuat transformasi digital dengan tiga strategi utama. Diantaranya, penerapan teknologi Blockchain, pengembangan aplikasi BRImo, dan digitalisasi pengajuan kredit. Dapatkan layanan finansial terbaik dengan BRI di https://www.indopulsa.co.id.

indopulsa logo

Aplikasi jual pulsa & kuota paling murah, voucher game, emoney / uang elektronik, token listrik, voucher internet, tv dan bayar tagihan online paling lengkap di Indonesia dengan sistem satu saldo deposit untuk semua layanan.

Contact

PT. KIOS PULSA INDONESIA

Nguntoronadi RT25 RW01, Kec. Nguntoronadi Kab. Magetan, Jawa Timur 63383