Bank Mandiri menjadi bank KBMI 4 pertama di Indonesia yang berhasil meraih sertifikasi ISO 22301. Sertifikasi ini menunjukkan Bank Mandiri mampu menjaga kontinuitas bisnis dan mengurangi risiko dalam menghadapi bencana. Bank Mandiri berkomitmen untuk terus memperkuat sistem manajemen kebencanaan guna memberikan layanan terbaik bagi nasabah. Selain itu, sertifikasi ISO 22301 juga menunjukkan Bank Mandiri siap menghadapi tantangan bisnis di masa depan.
IndoPulsa.Co.id – Bank Mandiri menjadi bank KBMI 4 pertama di RI yang meraih sertifikasi ISO 22301
Blog Indo Pulsa – Bank Mandiri menjadi bank KBMI 4 pertama di Indonesia yang mendapatkan sertifikasi ISO 22301 atas Business Continuity Management System (BCMS) berstandar internasional dari badan sertifikasi global British Standard Institution. Sertifikasi diberikan kepada beberapa unit kerja kritikal yang menjadi lini utama bisnis Bank Mandiri.
“Dengan sertifikasi ini, berarti Bank Mandiri telah menerapkan standar internasional dalam memastikan kelangsungan bisnis dan mengurangi risiko gangguan operasional, sehingga pelayanan kepada nasabah tetap berjalan dengan baik (Product Governance),” ujar SVP Business Continuity Management Bank Mandiri I Made Wahyu Arjaya seperti dikutip 17 Juni 2023.
Upaya memberikan layanan yang unggul, kata dia, sejalan dengan komitmen Bank Mandiri di bidang Lingkungan, Sosial dan Tata Kelola (ESG) terkait tata kelola dalam hubungan dengan pemangku kepentingan (stakeholder governance). Selain itu, sertifikasi merupakan bagian dari sistem untuk melindungi kepentingan pelanggan dalam kaitannya dengan operasi yang berkelanjutan.
Selain itu, bagi Bank Mandiri sebagai penyedia jasa keuangan, ISO 22301 sangat penting, karena posisi Bank Mandiri sebagai Bank Sistemik dan stakeholders menuntut tersedianya layanan keuangan 24 jam dan tanpa kendala sehingga perusahaan harus mampu mengatasinya. cepat dengan setiap gangguan yang terjadi, kata Made.
Ia menambahkan lembaga keuangan dan lembaga di luar negeri juga meyakini bahwa Business Continuity Management (BCM) merupakan standar yang sangat penting, sehingga menjadi perhatian khusus.
Implementasi yang telah dilakukan Bank Mandiri untuk menghadapi situasi disrupsi meliputi tata kelola & prosedur yang terdiri dari organisasi, kebijakan & prosedur yang jelas dan lengkap, kesiapsiagaan bencana berupa uji tanggap darurat, pemulihan bisnis dan pemulihan TI, serta manajemen krisis dalam bentuk manajemen & eskalasi bencana dan komunikasi krisis.
Beberapa unit kerja kritikal yang tersertifikasi ISO 22301 antara lain Business Continuity Management Unit, Information Technology, Treasury, Cash and Trade Operations, dan Electronic Channel Operations.
ISO 22301 adalah sistem manajemen kesinambungan bisnis atau Business Continuity Management System (BCMS), yang merupakan pendekatan komprehensif terhadap ketahanan organisasi, yang bertujuan untuk menyiapkan, menyiapkan, dan mengendalikan kemampuan organisasi secara keseluruhan untuk terus beroperasi selama gangguan.
“Melalui implementasi BCMS sebagai bagian dari proses bisnis, diharapkan dapat meningkatkan ketahanan dan kepastian pencapaian target dalam menghadapi berbagai jenis situasi yang mengancam kelangsungan proses bisnis sehingga kepercayaan pemangku kepentingan dapat terjaga dan terjaga. kepercayaan Bank Mandiri. visi untuk menjadi financial partner of choice dapat terwujud,” pungkas Made.
Bank Mandiri telah mendapatkan sertifikasi ISO 22301 sebagai bank KBMI 4 pertama di Indonesia. Hal ini menunjukkan komitmen Bank Mandiri dalam menjaga keamanan dan kesiapan bisnis dalam menghadapi bencana. Bank Mandiri juga terus berinovasi dalam memberikan pelayanan terbaik kepada nasabahnya. Info lebih lengkap kunjungi www.indopulsa.co.id.