BPD DIY memfokuskan digitalisasi produk dan layanan untuk mempermudah nasabah. Melalui aplikasi BPD DIY Mobile, nasabah dapat melakukan transaksi perbankan, pembayaran tagihan, hingga pembelian tiket. Digitalisasi juga dilakukan dalam pengolahan data dan sistem keamanan. BPD DIY berkomitmen untuk terus berinovasi dan memberikan pelayanan terbaik bagi nasabah.
IndoPulsa.Co.id – Digitalisasi Produk dan Layanan menjadi Fokus Utama BPD DIY
Blog Indo Pulsa – Pemanfaatan berbagai teknologi di bidang jasa keuangan membawa perubahan signifikan bagi pelaku industri perbankan di tanah air.
Dimana, perubahan pola konsumsi masyarakat terhadap dunia digital telah mendorong perbankan untuk mempercepat proses transformasi menuju perbankan digital.
Ini tidak hanya diperuntukkan bagi bank-bank besar, tetapi juga bank-bank daerah yang berperan penting dalam membantu pertumbuhan ekonomi daerah.
Tak terkecuali Bank Pembangunan Daerah (BPD) DIY. Digitalisasi produk dan layanan masih menjadi fokus utama dalam implementasi roadmap jangka panjang perusahaan.
Menurutnya, transformasi digital yang lebih cepat juga mendorong BPD DIY menerapkan berbagai inovasi guna memenuhi kebutuhan nasabah untuk bertransaksi dan layanan perbankan lainnya secara aman, cepat, dan bertanggung jawab.
“Semua inovasi tersebut telah disusun dalam roadmap digitalisasi BPD DIY 10 tahun ke depan. Padahal, kami sudah menyediakan infrastruktur termasuk di bidang sumber daya manusia,” ujarnya.
Untuk mendukung transformasi digital bank-bank milik pemerintah DIY, pihaknya sengaja merekrut SDM IT yang berkualitas untuk mengembangkan program-program bank non-mainstream seperti layanan dan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).
“Di Yogya banyak SDM yang mumpuni di bidang IT dari perguruan tinggi, makanya kami berdayakan program tetap hingga pemagangan bagi mahasiswa dalam penyelenggaraan program non unggulan di perbankan,” terangnya.
Lanjutnya, selain fokus pada pengembangan kualitas sumber daya manusia, dari sisi infrastruktur, BPD DIY berencana memperkuat infrastruktur digital dengan meningkatkan data center agar lebih handal.
Yaitu dengan meluncurkan berbagai layanan digital seperti mobile banking, cash management system (CMS), e-samsat dan e-posti, QRIS dan Laku Pandai.
Data per Agustus 2022 menyebutkan jumlah pengguna mobile banking BPD DIY melebihi 132.317 nasabah dengan nominal transaksi mencapai Rp2,1 triliun.
Digitalisasi produk dan layanan kini menjadi fokus utama Bank Pembangunan Daerah (BPD) DIY. Hal ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan nasabah yang semakin mengandalkan teknologi. Dalam upaya tersebut, BPD DIY telah bekerja sama dengan Indopulsa sebagai penyedia layanan pembayaran digital. Temukan solusi digital terbaik di Indopulsa.co.id.