...

Kejar Target 90% Keuangan Inklusif OJK Terbitkan Peraturan Baru

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menerbitkan peraturan baru untuk mendorong pemerataan dan inklusi keuangan di Indonesia. Target 90% keuangan inklusif harus tercapai pada akhir 2025. Selain itu, OJK juga memperkenalkan konsep Rencana Keuangan Inklusif (RKI) untuk memperkuat literasi keuangan masyarakat. Program ini diharapkan akan mendukung peningkatan ekonomi Indonesia melalui peningkatan akses keuangan bagi seluruh lapisan masyarakat.

IndoPulsa.Co.id – Kejar Target 90% Keuangan Inklusif OJK Terbitkan Peraturan Baru

Blog Indo Pulsa – Dewan Jasa Keuangan (OJK) terus mendorong peningkatan literasi dan inklusi keuangan dengan menerbitkan Peraturan Dewan Jasa Keuangan (POJK) No. 3 Tahun 2023 tentang Peningkatan Literasi dan Inklusi Keuangan di Sektor Jasa Keuangan Bagi Konsumen dan Masyarakat (POJK 3 Tahun 2023). ).

Ketentuan ini merupakan penyempurnaan dari POJK Nomor 76/POJK.07/2016 dengan mempertimbangkan sinergi antara pemerintah, otoritas, dan Penyedia Jasa Keuangan (PUJK) dalam melaksanakan kegiatan peningkatan Literasi dan Inklusi Keuangan.

Dalam keterangan resmi yang dikeluarkan OJK pada Jumat (24/3) disebutkan bahwa penyelesaian ketentuan dalam POJK 3/2023 bertujuan untuk mendukung target pemerintah mencapai Indeks Inklusi Keuangan 90% pada tahun 2024 dan program OJK untuk meningkatkan Indeks Literasi Keuangan. dan mengakomodasi perkembangan teknologi informasi yang dinamis.

Kemudian, meningkatkan kuantitas kegiatan literasi dan inklusi keuangan dengan mengoptimalkan peran PUJK, mengakomodasi dampak perkembangan di sektor jasa keuangan dengan tumbuhnya PUJK baru, serta mengoptimalkan penggunaan sistem pengelolaan pembelajaran pendidikan keuangan secara upaya peningkatan Literasi dan Inklusi Keuangan.

Literasi dan Inklusi Keuangan adalah dua sisi yang harus diseimbangkan. Di satu sisi, kegiatan peningkatan literasi keuangan diharapkan dapat mendorong kualitas pengambilan keputusan keuangan dan pengelolaan keuangan ke arah yang lebih baik sehingga masyarakat dapat lebih cerdas dalam memilih dan menggunakan produk dan layanan keuangan.

Di sisi lain, peningkatan Literasi Keuangan juga perlu diimbangi dengan peningkatan Inklusi Keuangan melalui tersedianya akses masyarakat terhadap lembaga, produk dan layanan keuangan, ketersediaan produk dan layanan keuangan, serta akses keuangan yang berkelanjutan. lembaga, produk dan layanan yang telah dimiliki atau disediakan oleh PUJK untuk terus digunakan oleh pengguna dan masyarakat.

Materi penguatan POJK 3/2023, pertama, pelibatan PUJK baru yang muncul sebagai dampak perkembangan sektor jasa keuangan dalam peningkatan Literasi dan Inklusi Keuangan. Kedua, mengakomodasi perkembangan inovasi dan teknologi yang cepat dan dinamis di sektor jasa keuangan sehingga memberikan tabungan bagi LJK untuk menciptakan atau menggunakan cara/metode berbasis teknologi informasi dalam melaksanakan kegiatan peningkatan Literasi dan Inklusi Keuangan.

Ketiga, meningkatkan kuantitas pelaksanaan kegiatan Literasi dan Inklusi Keuangan, antara lain dengan mengoptimalkan peran PUJK dalam peningkatan Literasi dan Inklusi Keuangan serta membatasi kerjasama dengan maksimal 3 PUJK lain dalam penyelenggaraan kegiatan peningkatan Literasi Keuangan. Keempat, memperkuat pengawasan untuk memenuhi aspek perlindungan konsumen dan masyarakat untuk meningkatkan Literasi dan Inklusi Keuangan dengan menyampaikan laporan rencana dan realisasi Literasi dan Inklusi Keuangan tidak hanya kepada Kepala Pelaksana Pengawasan Sektoral, tetapi juga kepada Pelaksana Pengawasan PUJK . Perilaku, Edukasi dan Perlindungan Konsumen.

Kelima, optimalisasi penggunaan sistem manajemen pembelajaran pendidikan keuangan dalam upaya meningkatkan Literasi dan Inklusi Keuangan. Keenam, Memperkuat ketentuan terkait tata kelola pelaksanaan kegiatan peningkatan Literasi dan Inklusi Keuangan oleh PUJK. Terakhir, penegasan sanksi bagi PUJK yang melanggar ketentuan.

Dalam upaya mencapai target 90% keuangan inklusif di Indonesia, OJK telah menerbitkan peraturan baru. Sebuah langkah penting untuk memastikan bahwa semua orang memiliki akses ke layanan keuangan yang layak. Indopulsa, sebagai penyedia layanan keuangan digital, mendukung upaya ini dengan menawarkan solusi yang terjangkau dan mudah diakses oleh semua orang. Kunjungi https://www.indopulsa.co.id untuk info lebih lanjut.

indopulsa logo

Aplikasi jual pulsa & kuota paling murah, voucher game, emoney / uang elektronik, token listrik, voucher internet, tv dan bayar tagihan online paling lengkap di Indonesia dengan sistem satu saldo deposit untuk semua layanan.

Contact

PT. KIOS PULSA INDONESIA

Nguntoronadi RT25 RW01, Kec. Nguntoronadi Kab. Magetan, Jawa Timur 63383