...

Transformasi Digital, Bank Jawa Membentuk SDM dengan Daya Saing Tinggi.

Transformasi digital telah menjadi kebutuhan bagi perusahaan, termasuk di sektor perbankan. Bank Jawa telah menciptakan SDM yang berdaya saing tinggi dalam menghadapi era digital ini. Dengan berinovasi dan beradaptasi dengan teknologi terbaru, Bank Jawa mampu memberikan pelayanan yang lebih efisien dan memuaskan bagi nasabah. Transformasi digital juga membuka investasi bagi pelaku bisnis untuk berkembang dan meningkatkan kinerja perusahaan.

IndoPulsa.Co.id – Transformasi Digital, Bank Jawa Ciptakan SDM Berdaya Saing Tinggi

Blog Indo Pulsa – PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (Bank Jatim) aktif mengimplementasikan berbagai inovasi layanan berbasis teknologi digital. Untuk menjadi BPD nomor 1 di Indonesia, Bank Jatim terus mengakselerasi kinerja bisnis yang sehat dan transformasi menuju perbankan digital dengan sumber daya manusia yang berdaya saing tinggi.

Oleh karena itu, Plt Kepala Divisi Human Capital Bank Jatim Slamet Purwanto mengungkapkan Bank Jatim berinisiatif membangun Learning Center sebagai upaya peningkatan kualitas SDM. Hal ini termasuk dalam inisiatif strategi Human Capital Bank Jatim sejak tahun 2022.

“Fasilitas sumber daya manusia dan infrastruktur yang diberikan kepada aset paling berharga milik perusahaan merupakan salah satu inisiatif strategis Bank Jatim yang terus dikembangkan hingga saat ini,” ujarnya seperti dikutip pada 12 Juni 2023.

Sebelumnya, kegiatan pendidikan dan pelatihan di Bank Jawa masih menggunakan pendekatan tradisional dengan pola reaktif dan taktis terhadap permasalahan organisasi. Selain itu, kegiatan pendidikan dan pelatihan hanya berdasarkan permintaan dan keinginan masing-masing unit kerja tanpa menganalisis kebutuhan pelatihan dan dampaknya terhadap kinerja unit dan kinerja perusahaan.

Menurutnya, hal tersebut menjadi kurang efektif dan efisien, sehingga secara langsung maupun tidak langsung mempengaruhi kinerja bisnis dan non bisnis. “Oleh karena itu, sebagai salah satu cara untuk mengembangkan sumber daya manusia yang efisien dan berdaya saing tinggi, maka Learning Center perlu dikembangkan ke arah yang lebih strategis,” lanjut Slamet.

Keberadaan Learning Center ini menjadi penting, karena pegawai Bank Jatim telah mencapai 6.550 orang yang terdiri dari 4.266 pegawai organik dan 2.284 pegawai non organik. Sedangkan mayoritas atau 70% adalah generasi milenial.

“Kami juga perlu mengetahui komposisi total pegawai terkait pola pendidikan dan pelatihan untuk memenuhi kebutuhan kompetensi pegawai digital,” ujar Slamet.

Untuk menjadi Corporate University (CorpU), pengembangan Learning Center ini tentunya harus tetap sejalan dengan rencana pertumbuhan bisnis bank ke depan melalui program pendidikan yang terencana. Dikatakannya, untuk menjadi CorpU, Bank Java melalui berbagai tahapan penyusunan Master Plan yang akan mulai diimplementasikan pada tahun 2023.

Rencana Induk pengembangan Learning Center dibagi menjadi empat tahap, pertama untuk memenuhi kurikulum dan persyaratan internal yang telah dilaksanakan pada tahun 2021. Kedua, untuk memenuhi sarana dan prasarana termasuk digitalisasi yang menjadi prioritas dalam pengembangannya. dari Sistem Manajemen Pembelajaran. atau e-Learning.

“Kami juga menjalankan simulasi melalui aplikasi pembelajaran digital Telkom, dimana aplikasi tersebut dapat dengan cepat membuat platform baru dalam waktu kurang dari 5 menit. Apa yang dulu membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk kami buat, transformasi digital saat ini membuat segalanya menjadi lebih singkat dan lebih efisien,” kata Slamet.

Tahap ketiga, Bank Java menerapkan hybrid learning & meningkatkan budaya belajar. Kemudian pada tahap keempat, pada tahun 2025 Bank Java menargetkan untuk bertransformasi menjadi CorpU. Dalam rangka percepatan transformasi, Bank Jatim juga bekerjasama dengan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk untuk mengembangkan implementasi Learning Center.

Dukungan tersebut meliputi dua tahap yaitu Entering & Prepare yang terdiri dari tahap self assessment kesiapan Bank Jatim untuk bertransformasi menjadi Corporate University dan tahap in-class training bagi staf Bank Jatim yang meliputi pelatihan learning value chain dan pelatihan pengembangan rencana induk CorpU.

Selain itu juga dilakukan Formulasi Strategi yang terdiri dari pendampingan dalam penyusunan Master Plan CorpU Bank Jatim.

“Dalam proses tersebut, kami yakin Telkom merupakan salah satu pionir implementasi CorpU yang telah berpengalaman dalam memberikan pendampingan, pengembangan infrastruktur pendidikan dan pelatihan, serta menjadi benchmark CorpU oleh berbagai institusi yang diakui tidak hanya di tingkat level nasional. , tetapi juga secara global,” pungkasnya.

Ditambahkannya, kerjasama antara Telkom Indonesia dan Bank Jatim ini dapat menjadi road map untuk meningkatkan kualitas SDM khususnya dalam menghadapi era digital dan mewujudkan visi Indonesia Emas 2045 dengan generasi muda emas yang berwawasan luas, produktif dan inovatif. intelijen. di masa depan. .

Bank Jawa telah mengambil langkah maju dalam transformasi digital dengan melatih SDM yang berkualitas. Dengan SDM yang berdaya saing tinggi, Bank Jawa siap untuk menghadapi persaingan bisnis yang semakin ketat di era digital. Untuk informasi lebih lanjut tentang transformasi digital, kunjungi https://www.indopulsa.co.id.

indopulsa logo

Aplikasi jual pulsa & kuota paling murah, voucher game, emoney / uang elektronik, token listrik, voucher internet, tv dan bayar tagihan online paling lengkap di Indonesia dengan sistem satu saldo deposit untuk semua layanan.

Contact

PT. KIOS PULSA INDONESIA

Nguntoronadi RT25 RW01, Kec. Nguntoronadi Kab. Magetan, Jawa Timur 63383