...

Bank Muamalat dan Institut Muamalat Tingkatkan Literasi Layanan Produk Digital

Bank Muamalat dan Institut Muamalat bekerja sama untuk meningkatkan literasi layanan produk digital di Indonesia. Mereka mengadakan berbagai pelatihan dan workshop untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang penggunaan layanan digital di perbankan. Diharapkan dengan adanya program ini, masyarakat dapat lebih memanfaatkan dan memahami produk digital yang disediakan oleh Bank Muamalat.

IndoPulsa.Co.id – Bank Muamalat dan Institut Muamalat Tingkatkan Literasi Layanan Produk Digital

Blog Indo Pulsa – Indonesia merupakan negara dengan penduduk muslim terbesar. Berdasarkan data Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri tahun 2021, dari total penduduk Indonesia sebanyak 272,23 juta jiwa, sekitar 86,88% atau 236,53 juta jiwa penduduknya beragama Islam.

Jumlah penduduk muslim yang besar menjadikan Indonesia sebagai pangsa pasar keuangan syariah dan juga sektor perbankan. Namun, minat masyarakat Indonesia terhadap produk perbankan syariah masih minim mengingat bank syariah memiliki karakteristik tertentu dalam prinsip dan implementasinya.

Banyak alasan mengapa masyarakat Indonesia belum tertarik untuk menjadi nasabah bank syariah. Hal ini dikarenakan jumlah nasabah bank syariah yang masih sedikit karena banyak yang beranggapan bahwa bank syariah tidak selengkap, modern, dan sebaik bank konvensional baik dari segi layanan maupun produk.

Selain itu, kurangnya literasi keuangan syariah juga menjadi salah satu penyebab kurangnya minat masyarakat untuk menjadi nasabah bank syariah. Literasi keuangan syariah merupakan proses individu untuk meningkatkan pengetahuan, keyakinan dan kemampuan dalam mengelola keuangan sesuai syariah.

Menyikapi hal tersebut, Bank Muamalat sebagai bank syariah pertama di Indonesia terus berupaya meningkatkan literasi dan inklusi masyarakat terhadap produk perbankan syariah. Berbagai upaya dilakukan Bank Muamalat dan anak perusahaannya, Muamalat Institute, untuk memahami produk syariah.

Apalagi, di era digitalisasi saat ini, masyarakat juga membutuhkan pemahaman yang lebih mendalam tentang produk digital perbankan syariah. Jadi bukan hanya tentang digitalisasi bank konvensional. Sejauh ini, Bank Muamalat juga telah melakukan transformasi untuk mengedepankan layanan digital melalui produk perbankan digitalnya, Muamalat Digital Islamic Network (MDIN).

Muamalat Digital Islamic Network adalah aplikasi layanan mobile banking Bank Muamalat yang dapat diakses kapan saja dan dimana saja oleh seluruh pengguna, baik nasabah maupun non nasabah.

“Kami terus bergerak menuju perbankan syariah yang kuat untuk memberikan layanan keuangan yang inklusif kepada masyarakat, semoga semakin banyak masyarakat yang memahami produk perbankan syariah, khususnya produk perbankan digital Bank Muamalat Indonesia,” ujar Direktur PT Bank Muamalat Indonesia. Tbk, Indra Falatehan dikutip 2 April 2023.

Dalam hal literasi dan inklusi perbankan syariah, Bank Muamalat bersama Muamalat Institute melakukan kegiatan sosial dengan memberikan manfaat kepada masyarakat melalui program Jumaat Berkat yang rutin dilaksanakan sebagai bagian dari program CSR (Corporate Social Responsibility) yang bertepatan dengan hari raya suci. bulan ramadhan. Kegiatan ini dilakukan pada hari Jumat, 31 Maret 2023 di kantor Muamalat Institute.

Pada kesempatan kali ini konsep yang diusung adalah melakukan kegiatan Tahfidz Quran bagi para pengemudi ojek online dan masyarakat sekitar melalui kegiatan menghafal Al Quran dan buka puasa bersama serta pembukaan rekening gratis dan aktivasi mobile banking MDIN bagi peserta yang berhasil menghafal. ayat suci Alquran. Kegiatan ini bertujuan untuk mendapatkan keberkahan di bulan suci Ramadhan melalui kegiatan hafalan Alquran untuk memberantas buta huruf Alquran dan meningkatkan literasi dan inklusi produk perbankan syariah khususnya digital banking yaitu MDIN.

“Muamalat terus menjadi bank syariah tangguh yang berorientasi pada aspek keberlanjutan sesuai pilar ESG (environmental, social and governance). Menyediakan layanan keuangan yang inklusif bagi masyarakat. Melalui acara ini diharapkan semakin banyak masyarakat yang paham tentang produk perbankan syariah,” imbuhnya.

Sementara itu, SEVP Human Capital PT Bank Muamalat Indonesia Tbk, Riksa Prakoso menambahkan, poin penting dari kegiatan sosial ini adalah untuk mendukung peningkatan literasi dan inklusi melalui hafalan Alquran serta dukungan kepada masyarakat untuk memahami dan menggunakan produk perbankan syariah. .

“Kedepan perbankan syariah akan berperan lebih dari sekedar lembaga keuangan tetapi dapat menjadi reseller perubahan terutama dalam memberikan dampak sosial kepada masyarakat dan juga menjadi saudara indopulsa.co.id bagi masyarakat,” ujarnya.

Bank Muamalat dan Institut Muamalat terus meningkatkan literasi layanan produk digital kepada masyarakat. Hal ini dilakukan agar masyarakat semakin mudah dalam bertransaksi online dengan menggunakan rekening bank syariah. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang produk dan layanan Bank Muamalat di Indopulsa.co.id.

indopulsa logo

Aplikasi jual pulsa & kuota paling murah, voucher game, emoney / uang elektronik, token listrik, voucher internet, tv dan bayar tagihan online paling lengkap di Indonesia dengan sistem satu saldo deposit untuk semua layanan.

Contact

PT. KIOS PULSA INDONESIA

Nguntoronadi RT25 RW01, Kec. Nguntoronadi Kab. Magetan, Jawa Timur 63383