“Peran Customer Service yang Penting dalam Mendukung Bisnis Perusahaan”

Customer service memiliki peran yang sangat penting dalam mendukung bisnis perusahaan. Mereka adalah ujung tombak dalam menjaga hubungan baik antara perusahaan dan pelanggan. Dengan memberikan pelayanan yang baik, tim customer service bisa membuat pelanggan merasa dihargai dan puas. Hal ini bisa meningkatkan loyalitas pelanggan dan juga membawa dampak positif pada reputasi perusahaan. Oleh karena itu, perusahaan harus memberikan perhatian khusus pada tim customer service dan terus meningkatkan kualitas pelayanan mereka.

IndoPulsa.Co.id – Peran Penting Customer Service Dalam Mendukung Bisnis Perusahaan

Blog Indo Pulsa – Dalam dunia bisnis, memberikan kepuasan kepada pelanggan merupakan hal yang mutlak. Customer service merupakan bagian yang memiliki peran penting bagi perusahaan yang berhubungan langsung dengan pelanggan. Untuk itu, perusahaan harus dapat melaksanakan praktik pelayanan pelanggan dengan kualitas yang mampu memenuhi kebutuhan pelanggan, sehingga dapat mendukung bisnis perusahaan.

Dalam webinar bertema “Membangun Customer Service Excellence di Era Perubahan Cepat” Wakil Presiden Direktur BCA, Armand W. Hartono mengatakan, kunci membangun customer service adalah, terpaksa, terpaksa, terbiasa. Hal tersebut ia sampaikan berdasarkan pengalamannya membangun customer service di BCA yang terus menyesuaikan dengan keadaan dan kebutuhan pengguna.

“Tantangan selalu hadir di segala era dalam bentuk yang berbeda-beda. Namun satu hal yang tidak pernah berubah adalah komitmen BCA sebagai perusahaan yang menjunjung tinggi keinginan nasabahnya,” ujarnya seperti dikutip pada 2 Juni 2023.

Selain BCA, Timezone yang hadir di Indonesia sejak tahun 1995 juga berbagi pengalaman dalam membangun customer service. Chief Executive Officer & President Director Timezone Indonesia, Naveen H mengatakan, perusahaan terus memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggannya. Time Zone berusaha untuk meningkatkan level pelayanannya agar pusat hiburan keluarga ini dapat memberikan pelayanan terbaik, dan menjaga pelanggan tetap setia dan datang kembali.

“Mulai dari perbaikan tampilan venue agar suasana semakin semarak, hingga memberikan benefit khusus bagi pelanggan setia Time Zone,” imbuhnya.

Hal yang sama juga dilakukan oleh KMN EyeCare, berbagai upaya dilakukan untuk memberikan pelayanan terbaik setara pelayanan hotel bintang lima kepada seluruh pasien KMN EyeCare. CEO KMN EyeCare, Rudy C. Susilo menjelaskan, untuk merancang pelayanan yang baik, telah disusun suatu pedoman yang disebut Service Architecture. Pedoman ini menjadi acuan bagi seluruh frontliner KMN EyeCare dalam memberikan pelayanan kepada pasien.

Melihat peran customer service yang semakin penting, acara penghargaan “Indonesia Customer Service Quality Award 2023” digelar untuk mengapresiasi brand-brand yang berhasil mempraktekkan customer service dengan kualitas yang mampu memenuhi kebutuhan pelanggannya.

Penghargaan ini diberikan berdasarkan survey yang dilakukan di 6 kota yaitu Medan, Bandung, Jabodetabek, Semarang, Surabaya dan Makassar dengan menggunakan metodologi wawancara tatap muka kepada 5.000 pengguna merek yang merupakan pengguna dari berbagai sektor produk dan jasa. Hasil survei diperoleh dengan mengevaluasi pengalaman responden terhadap merek yang mereka gunakan. Acuan evaluasi yang digunakan meliputi aspek Reliability, Assurance, Tangibility, Empathy dan Responsiveness.

Berdasarkan hasil survei, berikut perusahaan yang mendapatkan penghargaan “Indonesia Customer Service Quality Award 2023” dengan predikat Excellent, Very Good and Good: KMN EyeCare, Erafone, Timezone Indonesia, UBS Gold, PT Bank Central Asia Tbk, PT Bank Syariah Indonesia Tbk, PT Pegadaian, Solaria, PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk, PT Mandiri AXA General Insurance, PT Bank BCA Syariah, CITO, Alfamidi, dan ShopeePay.

Dalam dunia bisnis, customer service memiliki peran yang sangat penting. Mereka adalah jembatan antara perusahaan dan konsumen, membantu menyelesaikan masalah dan menjaga hubungan baik. Dengan customer service yang baik, perusahaan dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan memperkuat reputasi bisnis. Kunjungi https://www.indopulsa.co.id untuk memperoleh layanan customer service yang berkualitas.

indopulsa logo

Aplikasi jual pulsa & kuota paling murah, voucher game, emoney / uang elektronik, token listrik, voucher internet, tv dan bayar tagihan online paling lengkap di Indonesia dengan sistem satu saldo deposit untuk semua layanan.

Contact

PT. KIOS PULSA INDONESIA

Nguntoronadi RT25 RW01, Kec. Nguntoronadi Kab. Magetan, Jawa Timur 63383