Bank-bank terbaik di tahun 2023 adalah bank yang memberikan layanan terbaik kepada nasabahnya. Bank tersebut memiliki teknologi yang canggih dan mudah digunakan, serta menyediakan berbagai produk dan layanan yang lengkap dan terpercaya. Beberapa bank terbaik di antaranya adalah Bank Mandiri, BCA, BNI, dan Bank Danamon. Mereka telah terbukti memberikan pelayanan yang memuaskan dan menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia.
IndoPulsa.Co.id – Berikut Bank dengan Layanan Terbaik 2023
Blog Indo Pulsa – Sebanyak 32 bank meraih 163 penghargaan dalam acara “Infobank 20th Banking Service Excellence Awards (BSEA) 2023”. Penghargaan tersebut diberikan oleh Majalah Infobank dan Marketing Research Indonesia (MRI) atas keberhasilannya memberikan pelayanan terbaik kepada nasabah.
Penyerahan penghargaan dilakukan di Hotel Shangri-La, Blog Indo Pulsa, Selasa, 20 Juni 2023. Penghargaan tersebut berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh MarketingResearch Indonesia sejak akhir tahun 2022 hingga Maret 2023.
Survei bertajuk “Bank Service Excellence Monitor (BSEM) 2023” ini untuk mengukur kualitas layanan bank di mata nasabahnya, baik nasabah yang datang langsung ke kantor cabang maupun nasabah yang menggunakan layanan perbankan digital. . .
“Untuk memastikan bahwa pengukuran BSEM 2023 benar-benar mencerminkan ekspektasi nasabah dan tren industri perbankan saat ini, kami terlebih dahulu melakukan studi kuantitatif dan kualitatif terhadap berbagai segmen konsumen, antara lain workshop online, wawancara mendalam, diskusi kelompok terfokus, dan survei online,” ujar Direktur Utama MRI Harry Puspito.
Sedangkan pengukuran customer experience dilakukan dengan menggunakan metode mystery shopping. Dengan metode ini, MRI mengukur efisiensi operasional dan proses layanan yang berkesinambungan melalui pengalaman pelanggan dengan mengirimkan beberapa pembeli yang bertindak sebagai pelanggan nyata.
Secara umum, penelitian ini mengkaji dua kategori touch point perbankan. Pertama, kantor cabang dan layanan prioritas dari bank umum sebagai touchpoint perbankan tradisional yang berbobot 43%.
Kedua, digital touch point yang meliputi layanan perbankan elektronik (telephone banking, SMS banking, mobile banking, internet banking, dan aplikasi investasi), layanan pembukaan rekening online, cabang digital, ATM dan CRM, serta berbagai saluran layanan contact center, seperti sebagai pusat panggilan, chatbots, media sosial, obrolan langsung, email, dan situs web perbankan yang bersama-sama menyumbang 57% dari bobot.
Penghargaan BSEA 2023 merupakan bentuk apresiasi kepada bank yang berhasil meningkatkan layanannya dengan inovasi teknologi digital.
“Semangat bank dalam memanfaatkan teknologi digital perlu dibarengi dengan peningkatan sistem keamanan tanpa mengabaikan fokus pada customer centricity,” kata Eko B. Supriyanto, Ketua Umum Infobank Media Group.
Acara dibuka dengan Executive Lecture dengan tema “Pencegahan Kejahatan dan Risiko di Sektor Keuangan” yang disampaikan oleh Prof. Muliaman D. Hadad, SE, MPA, Ph.D, (Ketua Dewan Komisioner OJK periode 2012 – 2017), dan Mahendra Siregar, SE, M.EC. (Ketua Dewan Komisioner OJK) sebagai keynote speaker. Acara BSEA 2013 terselenggara berkat dukungan para sponsor antara lain Bank Permata, BSI, BNI, Bank Sumselbabel, PaninBank, BCA, Bank BJB, BSG, Bank Danamon, Bank Kaltimtara, Bank Commonwealth, Rintis Sejahtera (Jaringan PRIMA), Bank Jawa , BTN Syariah, BTN, Bank DKI, BCA Syariah, BankBJB Syariah, Bank Muamalat, dan Bank KB Bukopin Syariah.
Daftar Bank Peraih “2023 Banking Service Excellence Award”
1 BNI – SPECIAL AWARD: BEST GOVERNMENT BANK IN SERVICE EXCELLENCE 2023
- PENGAKUAN TITANIUM – KEUNGGULAN LAYANAN SELAMA 15 TAHUN BERTURUT
- KEUNGGULAN LAYANAN DIGITAL CHANNEL TERBAIK PERTAMA
- KEUNGGULAN LAYANAN CALL CENTER TERBAIK 1 TERBAIK
- THE 1 BEST – PENGALAMAN CABANG MUDAH DALAM LAYANAN PRIORITAS
- 1 TERBAIK – PUSAT PANGGILAN
- TERBAIK KE-1 – PHONE BANKING- KEUNGGULAN LAYANAN TERBAIK KE-2- KEUNGGULAN LAYANAN E-BANKING TERBAIK KE-2
- TERBAIK KE-2 – PERBANKAN SELULER
- YANG TERBAIK ke-2 – CHATBOT
2 BANK PERMATA – PENGAKUAN DIAMOND – KEUNGGULAN LAYANAN SELAMA 20 TAHUN BERTURUT
- THE 1 BEST – PENGALAMAN CABANG MUDAH DALAM LAYANAN PRIORITAS
- TERBAIK KE-1 – ATM UMUM- SALURAN WALK-IN TERBAIK KE-2
- LAYANAN PELANGGAN TERBAIK KE-2
3 BANK PERMATA SYARIAH
- PENGAKUAN PLATINUM – 10 TAHUN KEUNGGULAN LAYANAN
- KEUNGGULAN LAYANAN 1 TERBAIK- 1 TERBAIK – LAYANAN PELANGGAN
- 1 TERBAIK – PENGALAMAN CABANG SEDERHANA
- SALURAN WALK-IN PERTAMA
- TERBAIK KE-2 – TELLER
4 BANK MANDIRI – SPECIAL AWARD: BANK TANPA JANGKA WAKTU KINERJA YANG KONSISTEN DALAM PELAYANAN PRIMA
- PENGAKUAN DIAMOND – 20 TAHUN KEUNGGULAN LAYANAN
- KEUNGGULAN LAYANAN E-BANK PERTAMA TERBAIK
- THE 1 BEST – MOBILE BANKING – THE 1 BEST – PENGALAMAN CABANG SEDERHANA DALAM LAYANAN PRIORITAS
- 1 TERBAIK – CHATBOT
- TERBAIK KE-2 – PERBANKAN SMS
- TERBAIK KE-2 – CABANG DIGITAL- KEUNGGULAN LAYANAN TERBAIK KE-3- CHANNEL WALK-IN TERBAIK KE-3
5 BCA – PENGAKUAN TITANIUM – 15 TAHUN KEUNGGULAN LAYANAN
- TERBAIK 1 – INTERNET BANKING- TERBAIK 1 – CABANG DIGITAL- TERBAIK 1 – BUKA APLIKASI AKUN VIAMOBILE/BROWSER SELULER- TERBAIK 1 – LIVE CHAT
- 1 TERBAIK – MESIN DAUR UANG UANG (CRM)
- KEUNGGULAN LAYANAN CALL CENTER TERBAIK KE-2
- KEUNGGULAN LAYANAN DIGITAL CHANNEL TERBAIK KE-2
- TERBAIK KEDUA – APLIKASI DANA TERUS MENERUS. – LAYANAN TERBAIK KE-2 – EMAIL
- KEUNGGULAN LAYANAN E-BANK TERBAIK KE-3
6 BANK UMUM
- PENGAKUAN PLATINUM – 10 TAHUN KEUNGGULAN LAYANAN
- KEUNGGULAN LAYANAN TERBAIK KE-1- SALURAN WALK-IN TERBAIK ke-1
- 1 TERBAIK – LAYANAN PELANGGAN
- THE 1 TERBAIK – TELLER
- YANG TERBAIK 1 – MEDIA SOSIAL
- 1 TERBAIK – LAYANAN EMAIL
- THE 1 TERBAIK – APLIKASI DANA TERUS MENERUS. – PENGALAMAN CABANG TERBAIK KE-2 – SEDERHANA
- TERBAIK KEDUA – INTERNET BANKING
7 DANAMON BANK – PENGAKUAN PLATINUM – 10 TAHUN BERTURUT-TURUN SERVICE EXCELLENCE
- THE 1 BEST – PENGALAMAN CABANG MUDAH DALAM LAYANAN PRIORITAS
- 1 TERBAIK – SMS BANKING
- TERBAIK PERTAMA – MEMBUKA WEBSITE AKAUNVIA
- TERBAIK KE-2 – TELLER
- TERBAIK KE-2 – STAF PRIORITAS
- KEUNGGULAN LAYANAN PERBANKAN PRIORITAS KEDUA
8 BANK SYARIAH DANAMON
- PENGAKUAN EMAS – 5 TAHUN BERTURUT-TURUT DALAM KEUNGGULAN LAYANAN
- THE 1 TERBAIK – TELLER
- KEUNGGULAN LAYANAN TERBAIK KE-3- SALURAN WALK-IN TERBAIK KE-3
9 BRI – PENGAKUAN EMAS – 5 TAHUN BERKURUT DALAM KEUNGGULAN PELAYANAN
- TERBAIK KE-2 – BUKA AKUN MELALUI WEBSITE
- TERBAIK KE-2 – ATM PUBLIK- TERBAIK ke-2 – MESIN DAUR UANG UANG (CRM)
- KEUNGGULAN LAYANAN CALL CENTER TERBAIK KE-3
- KEUNGGULAN LAYANAN DIGITAL CHANNEL TERBAIK KE-3
10 BANK CIMB NIAGA – PENGHARGAAN KHUSUS: THE TRAIL BLAZERS BANK OF SERVICE EXCELLENCE
- YANG TERBAIK KE-2 – OBROLAN LANGSUNG
- TERBAIK KE-2 – MEDIA SOSIAL
11 CITIBANK – SPECIAL AWARD: THE TRAIL BLAZERS BANK OF SERVICE EXCELLENCE
12 BANK HSBC INDONESIA
- PENGHARGAAN KHUSUS: TRAIL BLAZERS BANK OF SERVICE EXCELLENCE
- THE 1 BEST – PENGALAMAN CABANG MUDAH DALAM LAYANAN PRIORITAS
- TERBAIK KE-2 – PERBANKAN TELEPON
13 BJB – 1 STAF TERBAIK – PRIORITAS
- THE 1 BEST – PENGALAMAN CABANG MUDAH DALAM LAYANAN PRIORITAS
- KEUNGGULAN LAYANAN PERBANKAN PRIORITAS PERTAMA TERBAIK
14 BANK PANIN – TERBAIK KE-2 – WEBSITE
15 BTN – 1 TERBAIK – PENGALAMAN CABANG MUDAH DALAM LAYANAN TOP
16 BTN SYARIAH – 2ND BEST SERVICE EXCELLENCE- 2ND BEST – LAYANAN PELANGGAN
- SALURAN WALK-IN TERBAIK KE-2
17 BTPN – SPECIAL AWARD: PELOPOR PERBANKAN DIGITAL DI INDONESIA
- 1 TERBAIK – PUSAT PANGGILAN
- 1 TERBAIK – LAYANAN EMAIL
- TERBAIK KE-1 – PERBANKAN SELULER- KEUNGGULAN LAYANAN TERBAIK KE-2- TERBAIK KE-2 – CHATBOT
- YANG TERBAIK KE-2 – OBROLAN LANGSUNG
- YANG TERBAIK KE-2 – SITUS WEB
18 BANK SEABANK INDONESIA
- KEUNGGULAN LAYANAN 1 TERBAIK- 1 TERBAIK – MOBILE BANKING
- 1 TERBAIK – PUSAT PANGGILAN
- 1 TERBAIK – CHATBOT
- YANG TERBAIK KE-2 – OBROLAN LANGSUNG
19 BANK KEB HANA – THE 1st BEST IN SERVICE EXCELLENCE- THE 1st BEST – BUKA REKENING MELALUI APLIKASI MOBILE/MOBILE BROWSER- THE 1st BEST – WEBSITE
- TERBAIK KEDUA – PUSAT PANGGILAN
- TERBAIK KE-2 – MEDIA SOSIAL
- TERBAIK KE-2 – LAYANAN EMAIL
20 BANK MUAMALAT INDONESIA
- PENGAKUAN PLATINUM – 10 TAHUN KEUNGGULAN LAYANAN
- PEMBUKAAN AKUN TERBAIK KE-2 MELALUI APLIKASI MOBILE/BROWSER SELULER- TERBAIK KE-2 – CHATBOT
- YANG TERBAIK KE-2 – OBROLAN LANGSUNG
- TERBAIK KE-2 – MEDIA SOSIAL
- TERBAIK KE-2 – LAYANAN EMAIL
- TERBAIK KE-2 – MOBILE BANKING- KEUNGGULAN LAYANAN TERBAIK KE-3- CHANNEL WALK-IN TERBAIK KE-3
21 BCA SYARIAH – PENGAKUAN EMAS – 5 TAHUN BERTURUT DALAM KEUNGGULAN PELAYANAN
- 1 TERBAIK – LAYANAN PELANGGAN
- YANG TERBAIK ke-1 – TELLER
- SALURAN WALK-IN PERTAMA
- 1 TERBAIK – LAYANAN EMAIL
- KEUNGGULAN LAYANAN TERBAIK KE-2- KEUNGGULAN TERBAIK KE-2 – INTERNET BANKING
22 BSI – 1 KEUNGGULAN LAYANAN TERBAIK – 1 TERBAIK – PENGALAMAN CABANG SEDERHANA
- BEST 1 – MEMBUKA APLIKASI AKUN VIAMOBILE/BROWSER MOBILE- BEST 1 – CALL CENTER
- 1 TERBAIK – CHATBOT
- YANG TERBAIK 1 – MEDIA SOSIAL
- 1 TERBAIK – OBROLAN LANGSUNG
- 1 TERBAIK – LAYANAN EMAIL
- YANG TERBAIK 1 – PERBANKAN SELULER
- THE 1ST BEST – INTERNET BANKING- THE 2ND BEST WALK-IN CHANNEL
- YANG TERBAIK KE-2 – LAYANAN PELANGGAN
- TERBAIK KE-2 – SITUS WEB
23 BJB SYARIAH – THE 2nd BEST – TELLER
- PENGALAMAN CABANG TERBAIK KE-2 – SEDERHANA
- TERBAIK KEDUA – PUSAT PANGGILAN
24 KB BUKOPIN SYARIAH
- THE 1 BEST – BUKA AKUN MELALUI WEBSITE
25 MEGA BANK SYARIAH
26 BANK DKI – PENGAKUAN TITANIUM – 15 TAHUN KEUNGGULAN LAYANAN
- 1 TERBAIK – PENGALAMAN CABANG SEDERHANA
- YANG TERBAIK PERTAMA – MEMBUKA AKUN VIA MOBILE APP
- KEUNGGULAN LAYANAN TERBAIK KE-2 – KEUNGGULAN TERBAIK KE-2 – LAYANAN PELANGGAN
- SALURAN WALK-IN TERBAIK KE-2
- TERBAIK KEDUA – PUSAT PANGGILAN
27 BANK SUMSELBABEL
- PENGAKUAN PLATINUM – 10 TAHUN KEUNGGULAN LAYANAN
- KEUNGGULAN LAYANAN 1 TERBAIK- 1 TERBAIK – LAYANAN PELANGGAN
- THE 1 TERBAIK – TELLER
- 1 TERBAIK – PENGALAMAN CABANG SEDERHANA
- SALURAN WALK-IN PERTAMA
- TERBAIK KE-1 – INTERNET BANKING- TERBAIK KE-2 – MEMBUKA AKUNVIAMOBILE APP. – YANG TERBAIK KE-2 – SMS BANKING
28 BANK SULUTGO – TERBAIK PERTAMA – SMS BANKING
29 BANK KALTIMTARA – TERBAIK KEDUA – MEDIA SOSIAL
- TERBAIK KEDUA – INTERNET BANKING
30 BANK JATIM – THE 1st BEST – MEDIA SOSIAL
31 BANK KALSEL – THE 1 BEST – MOBILE BANKING
- KEUNGGULAN LAYANAN TERBAIK KE-3- SALURAN WALK-IN TERBAIK KE-3
32 BANK RIAU KEPRI SYARIAH
- TERBAIK PERTAMA – PENGALAMAN CABANG MUDAH
- 1 TERBAIK – PUSAT PANGGILAN
Bank dengan Layanan Terbaik 2023 adalah pilihan yang tepat untuk mengatur keuangan Anda. Dalam hal ini, Indopulsa menawarkan solusi keuangan yang tepat dengan berbagai produk dan layanan yang memudahkan Anda untuk mengelola uang Anda. Kunjungi https://www.indopulsa.co.id untuk informasi lebih lanjut.