SPE, sebuah perusahaan teknologi keuangan, siap membantu transformasi digital bank ekonomi rakyat. Dengan teknologi canggih, SPE dapat membantu bank meningkatkan efisiensi operasional dan memberikan pengalaman layanan yang lebih baik kepada nasabah. Transformasi digital sangat penting dalam menjawab tantangan industri keuangan yang semakin kompleks. Dengan bantuan SPE, bank ekonomi rakyat dapat lebih siap menghadapi perubahan pasar dan meningkatkan daya saing.
IndoPulsa.Co.id – SPE Siap Membantu Transformasi Digital Bank Ekonomi Rakyat
Blog Indo Pulsa – Mau tidak mau, transformasi digital perlu menjadi fokus pelaku perbankan, baik bank umum maupun bank ekonomi rakyat (BPR) di tanah air. Mengingat, saat ini pengguna jasa keuangan mulai didominasi oleh para tech savvy.
Rio Agustra Anjany, Vice President Product SPE Solution mengatakan, pemerintah terus mendorong transformasi digital di berbagai sektor, salah satunya di dunia perbankan. Karena tak bisa dipungkiri, dominasi pengguna layanan perbankan sudah familiar dengan teknologi.
“Mengapa Anda membutuhkan digitalisasi keuangan? Dari 270,20 juta orang, ada 25,87% milenial dan 27,94% Gen Z. Semakin banyak mereka datang ke sini, semakin berat teknologinya,” kata Rio dalam Seminar Sinergi Bank Umum dan BPR dalam Digitalisasi Layanan Perbankan yang diselenggarakan oleh The Keuangan di Blog Indo Pulsa, 23 Juni 2023.
Grup, lanjut Rio, tidak lepas dari teknologi dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, digitalisasi akan memudahkan mereka mendapatkan layanan keuangan.
“Mereka semua membutuhkan teknologi untuk mengakses berbagai kebutuhannya,” kata Rio.
Di sisi lain, lanjutnya, digitalisasi perbankan juga bertujuan untuk mendorong pelaku usaha ikut serta dalam transformasi menggunakan teknologi dalam menjalankan bisnisnya. Di segmen usaha mikro dan kecil misalnya, mayoritas masih mengandalkan transaksi pembayaran tunai.
“Di Indonesia masih ada pekerjaan rumah di segmen mikro dan kecil yang mayoritas masih melakukan transaksi pembayaran tunai. Hampir 58,92 juta atau 98,69% segmen mikro masih mengandalkan transaksi pembayaran tunai,” kata Rio.
Ia melanjutkan, salah satu kendalanya adalah mereka membutuhkan dukungan teknologi untuk mendukung penetrasi bisnisnya. Terutama dalam hal pemrosesan transaksi.
“Mereka membutuhkan dukungan teknologi untuk bertransaksi secara digital,” jelasnya.
Menjawab kebutuhan tersebut, SPE Solution hadir untuk mendukung digitalisasi perbankan, khususnya Bank Ekonomi Rakyat (BPR) di tanah air dengan hadirnya bank fasilitasi.
“Fasilitator Bank berfungsi untuk menghubungkan pelaku usaha yang ingin menggunakan berbagai produk dan layanan dari bank untuk memudahkan baik dari segi akses maupun implementasi dalam bisnis,” ujarnya.
Produk teknologi perbankan yang dihadirkan meliputi Bank Authenticator, Virtual Account, Transfer Dana, Debit Langsung, RDL (Rekening Dana Pemberi Pinjaman), BI Fast (Pembayaran Cepat Bank Indonesia), Integrasi KYC (Know Your Customer), dan Penarikan Tunai.
SPE siap membantu transformasi digital bank ekonomi rakyat dengan solusi teknologi terkini. Dalam era digital, perusahaan harus adaptif dan inovatif untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Indopulsa sebagai mitra SPE, mendukung peningkatan layanan dan bisnis dengan menyediakan produk-produk terbaik. Kunjungi https://www.indopulsa.co.id untuk info lengkap.